| Mobile| RSS

Laptop yang Hilang Bisa Dilacak

Kamis, 01 Oktober 2009 | posted in , , | 1 comments

Takut laptop Anda hilang dan sulit menemukannya? Jangan khawatir karena seorang pembuat software asal Perth memiliki solusi untuk masalah itu.
 
Sebuah cara ditemukan oleh Jon Foster. Ia membuat sebuah laptoptracker yang dapat menemukan jejak dari mesin yang dicuri, memberi tahu alamat orang yang menggunakannya dan mengambil foto penggunanya (jika ada kamera built-in) serta memberikan akses ke file untuk pemilik aslinya.

Foster yang bekerja di Canning Vale, sebuah perusahaan sistem pengawas Australia yang menjadi spesialis dalam pengawasan CCTV di sektor retail, mengatakan ia mengembangkan software seperti itu setelah mendengar beberapa laporan dari klien tentang pencurian laptop.

Setelah menghabiskan banyak dana dalam pengembangannya, Foster mengklaim telah mengembangkan produk yang unik.

Anda dapat melacak hingga alamat rumah, dan yang terpenting Anda akan mendapatkan informasi pribadi orang yang menggunakannya, baik dengan akses internet kabel atau nirkabel (WiFi),” katanya.

Software ini akan memberikan laporan termasuk alamat IP juga jaringan yang digunakan jadi Anda dapat melacak sepenuhnya,” tambahnya.

Perangkat yang dilengkapi dengan kamera akan mengambil gambar siapa pun yang menggunakan laptop dan akan mengirimkan foto-foto itu kepada pemilik.

Dan tidak seperti sistem yang menggunakan akses pihak ketiga, hanya pemilik yang dapat melihat apa yang sedang terjadi.

Ia mengatakan, jika perangkat laptop tersebut dicuri dan di format ulang maka software tidak dapat bekerja lagi. Namun Foster juga mngatakan jika hal ini jarang terjadi karena perangkat biasanya langsung dijual.

Sementara masalah yang lebih besar bagi korban adalah kehilangan file berharga. “Orang tidak menyadari apa isi yang berharga dalam laptop, namun bukan laptop itu sendiri,” katanya menambahkan.

Fitur-fitur baru akan ditambahkan dalam beberapa minggu ke depan, termasuk keylogger yang memungkinkan pemilik untuk melihat apa yang sedang terjadi pada perangkat mereka. 

Sebuah kamera built-in dapat mengambil foto secara sembunyi-sembunyi untuk memberikan gambaran apa yang ada di sekitar perangkat mereka, dan yang paling hebat adalah aplikasi Skype yang memungkinkan pemilik menelepon pencuri.

Pada bulan Agustus di Melbourne, pencuri laptop yang sedang surfing situs porno tertangkap setelah dilacak menggunakan perangkat lunak dari perusahaan yang berbasis di Sydney, Navigatum.

Dua bulan sebelunya, sebuah aplikasi Apple Find My iPhone membantu pengguna iPhone di AS melacak ponsel yang dicuri tanpa harus melapor polisi.

Tahun lalu di New York, polisi menangkap dua pria dan mengembalikan beberapa komputer dan alat elektronik lainnya yang dicuri setelah salah satu pemilik dapat tersambung dari jarak jauh dengan Apple Macbook miliknya dan mengambil gambar pencuri tersebut.[Inilah]

1 komentar
gravatar
nda
on 18 Mei 2010 pukul 13.34  

nice infooo..=)

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter