| Mobile| RSS

PT PLN Kembangkan Robot Pembersih Kabel Listrik

Jumat, 09 Oktober 2009 | posted in | 0 comments

Jaringan kabel listrik tegangan ekstra tinggi tidak luput dari sampah. Kebanyakan sampah yang bertengger adalah benang dan layang-layang. Tidak mudah untuk membersihkan sampah tersebut.

Jika manusia biasa yang membersihkannya, maka bisa jadi nyawa adalah taruhannya. Pasalnya, sampah-sampah tersebut berada di ketinggian yang cukup lumayan, belum lagi antisipasi sengatan arus listrik tegangan tinggi. Oleh karena itu, pekerjaan semacam itu tidak bisa dilakukan hanya oleh seorang pegawai PT PLN.

Pentingnya jaringan listrik sebagai urat nadi penyaluran listrik ke konsumen membuat PT PLN harus memutar otak untuk mencari solusi pengganti sumber daya yang akan berurusan dengan ketinggian dan antisipasi sengatan listrik. Solusinya, menciptakan sebuah robot untuk mengerjakan tugas ekstrim tersebut.

Dilansir melalui situs resmi departemen ESDM, Kamis (8/10/2009), tim riset PT PLN berhasil membuat dua jenis robot yang akan membantu tugas ekstrim karyawan PLN. Mereka adalah Robolay (singkatan dari Robot Alat Pembersih Sampah Layangan) dan Robot CJDW.

Robolay, yang dibuat oleh Iwan Gunawan dan rekan-rekannya di PT PLN P3B JB ini dapat bekerja membersihkan sampah layangan di daerah saluran udara tegangan tinggi (Sutet) sehingga dapat menekan resiko kecelakaan pekerjaan para petugas. Robot ini dikontrol secara wireless dengan memanfaatkan frekuensi radio. Melalui remote mobil yang dikendalikan dari bawah SUTT, ROBOLAY bisa menjalankan tugas membersihkan benang dan layang-layang serta kotoran lain yang menempel pada SUTT sehingga arus listrik bisa disalurkan dengan lancar.

"? ROBOLAY ini sudah kita patenkan. Selain itu beberapa karya inovasi lain yang dihasilkan pegawai juga sudah kita patenkan. Karya-karya inovasi seperti ini sangat bermanfaat bagi perusahaan," ujar Fahmi Mochtar, Direktur Utama PT PLN.

Inovasi PT PLN lainnya adalah Robot CJDW hasil karya Maskur Buchori dan kawan-kawan dari PT PLN Distribusi Jawa Timur.  Robot CJDW mampu bekerja pada jaringan listrik dalam keadaan bertegangan.

"? Robot CJDW ini sudah diterapkan dilingkungan PT PLN Distribusi Jawa Timur. Selain itu saat ini sedang dikembangkan oleh Litbang dan diproduksi oleh PT PLN Jasa Produksi," ujar Bambang Santosa, Asisten Deputi Direktur Pengembangan Organisasi PT PLN.

Menurut Bambang Santosa, Robot CJDW yang juga dioperasikan secara wireless melalui frekuensi radio ini mampu melakukan tugas pemeliharaan SUTET yang biasa dilakukan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PT PLN. Seperti untuk mengikat konduktor, perampalan pohon, inpeksi konduktor maupu mendirikan tiang sisipan.

"Robot ini memiliki alat seperti gunting yang bisa melakukan pekerjaan perampalan pohon," ujar Bambang Santosa.

Inovasi memang menjadi denyut nadi yang tiada berhenti di lingkungan perusahaan penyedia energi listrik milik negara ini. Untuk itulah manajemen PT PLN mengakomodasinya dengan ?~Lomba Karya Inovasi? yang digelar setiap tahun. (Okezone)

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter