| Mobile| RSS

Wi-Fi Baru Tantang Teknologi Bluetooth

Jumat, 16 Oktober 2009 | posted in | 0 comments


SAN FRANSISCO - Spesifikasi Wi-Fi baru akan memungkinkan perangkat wireless menemukan dan terhubung dengan perangkat lain tanpa memerlukan router.

Spesifikasi Wi-Fi baru yang disebut dengan Wi-Fi Direct ini baru saja diumumkan oleh Wi-Fi Alliance, yaitu sebuah grup industri yang mempromosikan inovasi dalam teknologi Wi-Fi.

Mereka mengklaim, dengan membuatnya lebih mudah berkoneksi secara langsung dengan perangkat yang dilengkapi Wi-Fi lainnya, kemungkinan besar spesifikasi baru ini akan menantang keberadaan teknologi wireless lain seperti Bluetooth.

CNet
, Kamis (15/10/2009) melansir, cara kerja Wi-Fi Direct memungkinkan perangkat yang dilengkapi Wi-Fi seperti ponsel, kamera, printer, komputer, keyboard, dan headphone untuk berkoneksi dengan perangkat Wi-Fi lainnya secara individual atau multi perangkat sekaligus.

Spesifikasi tersebut mendukung tingkat data Wi-Fi standar dan dapat saling berkoneksi dengan perangkat lain dalam jarak sekira 100 meter.

Kemampuan ini secara langsung mengurangi kebutuhan akan router Wi-Fi di beberapa tempat karena mengubah gadget menjadi mini Wi-Fi access point.

Hal ini pun mengalahkan teknologi Bluetooth yang hingga saat ini masih sering digunakan untuk menyediakan fasilitas serupa koneksi peer to peer antar perangkat seperti menghubungkan headset dengan pemutar musik atau ponsel. Cara ini digunakan untuk menyediakan koneksi wireless kecepatan tinggi dalam jarak pendek diantara perangkat.

Sementara itu, spesifikasi Wi-Fi Direct juga menawarkan fungsi yang sama. Bedanya, teknologi ini lebih memudahkan perangkat saling menemukan dan terkoneksi satu sama lain. Wi-Fi Alliance berencana untuk segera mempublikasikan spesifikasi peer to peer Wi-Fi baru ini dan dipasarkan pada 2010.(Okezone)

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter