| Mobile| RSS

Domain Yugoslavia Hilang Selamanya dari Internet

Kamis, 01 Oktober 2009 | posted in , | 0 comments

ZAGREB - Yugoslavia memang telah terpecah belah sejak awal tahun 1990an. Tapi nama ekstensi domain .yu baru akan hilang dari dunia internet mulai hari ini, Rabu (30/9/2009).

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) lembaga yang mengatur nama domain secara resmi menghilangkan domain Yugoslavia. Domain berekstensi .yu sendiri baru masuk daftar ICANN pada tahun 2006.

Seperti dilansir Novinite, rencananya domain tersebut akan digantikan oleh nama-nama pecahan bekas negara yang beribu kota di Beograd itu. Domain pengganti adalah .rs (Serbia) dan .me (Montenegro).

Saat ini sekira 4.000 situs masih menggunakan ekstensi .yu dan akan migrasi ke ekstensi yang terbaru.

ICANN mengatakan, .rs dan .me merupakan ekstensi yang tepat untuk kedua negara. Nama domain dengan ekstensi .yu pertama kali disepakati tahun 1989 dan bertahan hingga 2009.

Tapi negara yang tergabung dalam Yugoslavia telah pecah sejak tahun 1991. Slovenia dan Kroasia memproklamasikan kemerdekaan pada 25 Juni 1991. Macedonia memerdekakan diri pada 8 September 1991. Pada Maret 1992, penduduk Muslim dan Kroasia di Bosnia-Herzegovina memilih untuk merdeka dan mendeklarasikan negara Bosnia-Herzegovina. Dua negara bagian yang tersisa, Serbia dan Montenegro, kemudian membentuk Republik Federal Yugoslavia (RFY) pada 28 April 1992.

Republik Federal Yugoslavia yang bertahan dari tahun 1992 berubah nama menjadi Serbia dan Montenegro pada 2003. Namun Montenegro memisahkan diri dari Serbia pada 2006. (stf)


0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter