| Mobile| RSS

Sebut Golan Milik Israel, Facebook Diblokir

Jumat, 18 September 2009 | posted in , | 2 comments


LONDON - Suriah berencana memblokir Facebook setelah situs jejaring sosial itu mencantumkan wilayah pendudukan Dataran Tinggi Golan menjadi bagian dari Israel.
Pemerintahan Suriah berang atas tindakan Facebook tersebut. Suriah menilai Facebook telah menunjukkan sikap pro-Israel dan sengaja mengalah dalam kampanye menentang pendudukan bangsa Yahudi di Golan.

Golan merupakan wilayah sengketa berupa dataran tinggi strategis yang berada di perbatasan antara Suriah dan Israel. Dua pertiga dari kawasan tersebut saat ini tengah diduduki Israel.

Telegraph, Kamis (17/9/2009) melansir, hingga pekan kemarin Facebook tercatat mendukung pendapat AS, Inggris, dan Uni Eropa yang menyatakan bahwa Dataran Tinggi Golan merupakan wilayah pendudukan.

Akibatnya, hal ini membingungkan ketika anggota Facebook yang berada di wilayah itu memasukkan detail informasi geografis pada profil mereka. Namun secara otomatis admin Facebook mencantumkan mereka sebagai penduduk Suriah.

Hal ini membuat marah para penduduk Yahudi di wilayah itu dan mereka membentuk kelompok protes dengan nama akun "Facebook, Golan residents live in Israel, not Syria." grup Facebook ini kemudian berhasil mengumpulkan sebanyak 2.500 anggota.

Protes keras ini kemudian sampai ke telinga Honest Reporting, sebuah lembaga yang memantau pemberitaan media seputar penentangan terhadap Israel.

Rupanya kampanye ini kemudian meluluhkan Facebook untuk mengalah dan menuruti kemauan grup Facebook tersebut. Mulai pekan kemarin, para pengguna Facebook di wilayah Golan secara otomatis tercatat sebagai penduduk Israel.

Keputusan ini kemudian membuat Suriah meluncurkan aksi boikot Facebook. Rencananya akses Facebook akan dibatasi hanya di Damaskus. Ini adalah kedua kalinya Suriahmelakukan blokir terhadap situs jejaring sosial. Beberapa waktu lalu, Suriah juga melakukan hal sama terhadap situs berbagi video YouTube.(Okezone)

2 Responses So far
gravatar
donal bebek
on 19 September 2009 pukul 23.17  

sekalian ajagh suriah blokir internet jadi nda usah pakai internet lagi.atau ada ide juga nih sebaiknya suriah kagak usah pakai komputer ,kagak usah pakai mobil kagak usah pakain senjata ataupun rudal yang jenis design sampai bahannya milik orang kafir
kagak usah pakai windownya kafir kagak usah masuk PBB kan milik orang kafir kagak usah pakai bahasa inggris pakai ajagh bahasa arab terus
kagak usah ajagh pakai huruf latin yang nyata nyata milik kafir
dan berhenti memusuhi israel kalau gak mau dinuklir ama orang kafir!
hidup USA ,hidup Israel.

gravatar
vidi
on 21 September 2009 pukul 02.52  

Peradaban dunia d mulai dari timur tengah. Universitas tertua di dunia pun berada di Mesir. So, untuk apa kita mmpertengkarkan suatu perkara yg blum jelas juntrunganny, peace...!

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter