| Mobile| RSS

Influenza Bisa Picu Serangan Jantung

Senin, 28 September 2009 | posted in | 0 comments

New York, Jangan menganggap sepele penyakit influenza. Peneliti di Inggris melaporkan bahwa flu bisa meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung dan stroke terutama mereka yang punya penyakit jantung juga diabetes.

"Influenza jangan dianggap sepele karena bisa menyebabkan komplikasi. Flu merupakan indikasi stres dalam sistem metabolisme tubuh seseorang. Jadi tidak aneh jika flu bisa meningkatkan risiko serangan jantung myocardial selama atau setelah terkena infeksi influenza," ujar Dr. Marc Siegel, profesor di New York University School of Medicine, New York seperti dikutip dari Healthday, Rabu (23/9/2009).

Peneliti melakukan menganalisa 39 studi yang dilakukan sejak tahun 1932 hingga 2008. Kebanyakan studi menunjukkan peningkatan kematian akibat serangan jantung pada saat pasien sedang influenza. Influenza menyebabkan peradangan tidak hanya pada saluran pernafasan tapi juga peradangan pada bagian jantung.

"Hipotesis mengenai infeksi influenza menyebabkan inflamasi (peradangan) yang memicu serangan kardiovaskular seperti jantung dan stroke, terutama pada orang dengan sistem imun yang buruk sudah lama kami prediksi," ujar Funarow.

Beberapa studi lainnya juga mendukung analisa para peneliti. Serangan jantung lebih banyak terjadi pada pasien influenza daripada mereka yang tidak terkena flu. Bahkan American Heart Association and American College of Cardiology merekomendasikan setiap pasien penyakit jantung agar mendapatkan vaksin influenza.

Namun fakta tersebut masih terus dikembangkan oleh peneliti. "Studi pengaruh infeksi pernafasan terhadap infeksi myocardial (jantung) masih perlu dilanjutkan karena meskipun sudah ada buktinya tapi masih sedikit," ujar Dr. Pascal James Imperato, profesor dari School of Public Health at the State University of New York Downstate Medical Center, Brooklyn.(detikHealth)

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter