| Mobile| RSS

Iran Larang Boneka Tak Berjilbab

Senin, 28 September 2009 | posted in , | 0 comments



Kepolisian Iran melarang pemilik toko busana untuk memajang boneka peraga (manekin) yang tidak mengenakan jilbab atau memakai pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh. Dasi pun dilarang untuk dijual.

Bahkan, penjualan pakaian dalam perempuan oleh laki-laku juga dilarang keras. Pelarangan ini merupakan bagian dari upaya mengekang pengaruh budaya Barat di Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Istilah "Perilaku yang tidak Islami" mulai didengungkan sejak Mahmoud Ahmadinejad pertama kali dipilih sebagai presiden Iran pada 2005. "Menggunakan manekin yang memamerkan lekuk tubuh dan kepala tanpa penutup dilarang digunakan di toko-toko," kata polisi seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, Selasa 22 September 2009.

Koresponden BBC mengatakan bahwa kampanye-kampanye semacam itu biasanya hanya berlangsung saat musim panas. Namun tahun lalu, kampanye menentang cara berpakaian model Barat terus berlanjut hingga musim dingin, termasuk pengetatan peraturan pemakaian celana panjang oleh kaum perempuan.

Warga Iran yang baru pertama kali melanggar peraturan cara berpakaian pada umumnya diberi peringatan. Namun, bagi mereka yang melakukannya lebih dari sekali terancam diadili dan diikutkan pada kelas-kelas panduan.(Vivanews)

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter