| Mobile| RSS

Virus, Sebar Bingkisan Lebaran

Minggu, 20 September 2009 | posted in , | 0 comments



Hari Raya Idul Fitri, atau dikenal juga sebagai lebaran, kerap diwarnai dengan berbagai bingkisan. Tapi bingkisan yang satu ini tentu tak ingin didapatkan oleh pengguna komputer.

Ya, bingkisan itu adalah sebuah virus komputer bernama Autorun.AEEQ. Virus ini diberi julukan virus lebaran karena ia menyampaikan pesan 'Selamat Hari Raya' pada korbannya.

Adang Jauhar Taufik, analis antivirus dari Vaksincom, mengungkapkan keberadaan virus ini dalam keterangan yang diterima, Rabu (16/9/2009). Menurutnya, virus ini tidak membahayakan sistem atau merusak data namun hanya menyampaikan pesan 'Selamat Hari Raya Iedul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Bathin'.

Pesan ini 'tersembunyi' dalam sebuah icon pada tray menu di taskbar sistem operasi Windows. Pesan akan muncul jika user melakukan klik kanan pada icon tersebut.

Selain itu, virus lebaran ini juga mengubah icon Drive --kecuali drive System-- dengan icon Microsoft Word 2007. Jika mengakses sebuah drive, akan muncul pesan Lebaran namun dengan nada agak kasar.

Pesan virus lebaran ini berbunyi:

Selamat Hari Raya Iedul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Kamu Adalah Manusia terkutuk di dunia!
Laksana Anjing Kelaparan Memangsa Sesamanya
Memuja Harta dan Maksiat Berkedok Muslimin

Pantas teman2mu memanggilmu Anjing!!!...

:: Istigfar Nak, Istigfar!! ::


Adang mengatakan virus ini dibuat dengan menggunakan bahasa Borland Delphi dengan ukuran file sekitar 767 KB. Virus ini akan aktif secara otomatis --dengan bantuan file autorun.inf-- saat pengguna mengakses drive atau flash disk yang telah terinfeksi.
(detikINET)

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter