| Mobile| RSS

Komputer Gantikan Pengacara

Selasa, 15 September 2009 | posted in | 0 comments


WASHINGTON - Para perancang teknologi di Eropa menciptakan sebuah mesin yang bisa menganalisa berbagai pertanyaan terkait masalah hukum. Mesin ini kemudian akan memberikan nasihat sebagai solusi atas suatu perkara.

Hukum merupakan permasalahan yang kompleks. Ada ratusan bahkan ribuan peraturan yang penerapannya akan memakan banyak waktu dan biaya.

Terilham dari hal tersebut, para ilmuwan yang tergabung dalam ALIS Project kemudian mengombinasikan kecerdasan buatan, teori game, dan ilmu semantik yang berfungsi menganalisa berbagai kasus hukum, terutama hukum terkait soal pelanggaran hak cipta dan peraturan penerapan teknologi digital.

Big News Networks, Senin (14/9/2009) melansir, sistem ini lebih dari sekadar database sederhana yang menyimpan bermacam data mengenai peraturan hukum yang relevan.

Komputer ini bekerja dengan memanfaatkan pandangan dalam teori game untuk membantu pihak-pihak yang tengah bertikai bisa mencapai kesepakatan hukum. Secara umum, tugas perangkat ini dapat digambarkan seperti seorang pengacara.

Yang menjadi faktor penting adalah sistem dalam perangkat ini menguji dan menganalisa segala hal yang berkaitan dengan peraturan.

Sistem kemudian akan menghadirkan beragam pilihan solusi hukum berdasarkan hasil analisa kasus. Dengan demikian, komputer ini bisa membantu pengacara dalam menggarap kasus. Sementara beberapa kasus ditangani oleh komputer, mereka bisa berkonsentrasi dalam menggarap kasus lain yang lebih kompleks. (Okezone)

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter