| Mobile| RSS

Facebook Lite Diluncurkan

Minggu, 13 September 2009 | posted in , , | 0 comments


Facebook Lite akhirnya diperkenalkan pengembang Facebook pada publik. Meski untuk sementara hanya tersedia di India dan Amerika Serikat, sebagian user di Indonesia mungkin bisa mencobanya di lite.facebook.com.

Versi Lite ini tampil lebih sederhana dan lebih cepat karena ada sebagian layanan yang dipangkas dari Facebook versi biasa. Tujuannya antara lain untuk membantu user di negara yang bandwidth internetnya terlalu lambat.

Pihak Facebook mengatakan sekitar 70% dari 250 juta usernya berasal dari luar Amerika. Negara-negara di Asia Tenggara dan Eropa sedang berkembang dan menjadikan koneksi internet cepat sebuah tuntutan.

Berita tentang Facebook sedang menguji versi Lite pertama kali muncul pada bulan Agustus. Facebook Lite hanya dibatasi untuk mengizinkan user menulis di wall, posting foto dan video, melihat event dan menelusuri profil orang lain. Tidak ada aplikasi maupun special box.

Seperti diberitakan sebelumnya, Facebook Lite memiliki  beberapa kemiripan dengan situs mikro blogging yang sedang tenar, Twitter.

"Facebook Lite tampaknya akan jadi situs yang lebih baik bagi pengguna baru atau bagi mereka yang merasa situs Facebook biasa terlalu ramai," demikian review situs teknologi Cnet mengenai Facebook Lite. "Layoutnya mirip-mirip dengan Twitter," imbuhnya.

Sedangkan Terrence O'Brien dari situs teknologi Switched menilai Facebook Lite terobosan yang bagus karena menjauhkan user dari gangguan. Loadingnya cepat, mudah dinavigasi dan lebih bersahabat bagi pandangan mata.

"Layout baru ini sepertinya menantang langsung Twitter, yang kesuksesannya sebagian besar berasal dari kesederhanaan dan portabilitasnya," tukas O'brien, yang dilansir BBC.

Facebook Lite pun diprediksi bakal menuai kesuksesan dan disukai pengguna. Ini karena tampilannya yang cukup memikat dan penggunaan yang lebih mudah dari versi biasa.

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter