| Mobile| RSS

Yang Ada di Facebook Lite

Selasa, 15 September 2009 | posted in | 0 comments

Facebook mengumumkan layanan terbarunya yang diberi nama Facebook Lite. Layanan tersebut merupakan bentuk sederhana dari Facebook yang biasa digunakan.

Kendati kemampuannya disederhanakan, namun Facebook Lite ini memiliki kemampuan yang tidak biasa dibanding dengan Facebook terdahulu.

Beralamat di Lite.facebook.com. layanan ini memang diluncurkan perdana di Amerika Serikat dan India. Namun, pengguna di Indonesia dapat pula memanfaatkan situs ini, walaupun tanpa tambahan fungsi bahasa Indonesia. Di tampilan awal saat akan memasuki ke Facebook Lite, perubahan sudah terlihat.

Ada gambar balon udara yang disisipkan logo 'F' Facebook, yang mungkin menjadi trade mark Facebook Lite nanti. Setelah masuk ke dalam Facebook Lite, Anda mungkin tidak akan terlalu kaget dan masih tetap familiar dengan tampilan layanan anyar ini dengan Facebook yang biasanya.

Misalnya, halaman depan yang masih terlihat fitur profile dan inbox yang ditempatkan pada baris paling atas. Yang terbaru, adalah fitur events, yang biasanya tidak disematkan di Facebook Full di baris teratas.

Melanjutkan ke bagian bawah, tentunya ini menjadi menu utama yang disajikan di Facebook Lite, lihat saja dengan tampilan yang bersih, bahkan boleh dibilang sangat bersih dari fitur-fitur Facebook yang menyesaki sebelumnya.

Di baris utama ini, Anda hanya disajikan full status dan aktivitas yang dilakukan oleh akun Facebook teman kita yang lain. Ini tentu saja, membuat bermain-main di status menjadi lebih familar.

Tampilan ini tentu saja sesuai dengan tujuan situs besuatan Mark Zuckbereg itu, yang pada dasarnya merupakan streamlined 'feed' version yang berfungsi sebagai stream update. Apalagi, jika melihat tampilannya, Facebook Lite memang mirip dengan layanan Twitter.

Di mana terdapat linear stream status update teman Facebook yang mendominasi halaman. Hal ini semakin memperkuat persaingan antara Twitter dengan Facebook. Selain fitur meng-update yang menarik, fitur lain tetap dihadirkan oleh Facebook untuk semakin memikat Facebook Lite.

Di antara yang dihadirkan adalah, fitur mengunggah foto dan video. Tampilan notification juga menarik, tidak hadir di kanan bawah melainkan muncul di kanan atas. Dengan laman khusus yang dihadirkan, tentu menjadi agak membingungkan di awal-awalnya. Namun lambat laun, pengguna akan terbiasa dengan layanan baru ini.

Karena sifatnya yang disederhanakan agar dapat memangkas bandwith yang digunakan, tentunya ada beberapa fitur yang harus dihilangkan. Yang paling terasa tentu saja fitur chatting dengan sesama pengguna Facebook, yang sebetulnya juga menjadi fitur andalan.

Hilangnya fitur chatting ini sangat disesalkan, sebab fitur iklan yang biasa nongol di samping kanan tetap ada, padahal tampilan iklan cukup mengganggu di situs Facebook yang versi penuh.

Berikut adalah beberapa aplikiasi yang dihadirkan di Facebook Lite:
1. Update status
2. Unggah foto dan video
3. Notification
4. People You May Know
5. Kreasi event

Beberapa aplikasi yang dihilangkan diantaranya adalah:
1. Fitur chatting
2. Notes
3. Unggah link di status

Namun demikian, fitur-fitur tersebut kemungkinan besar masih akan berubah-ubah. Hal ini dikarenakan Facebook terus mengembangkannya demi menghadirkan kepuasan dan kenyamanan bagi para pengguna yang memakainya.(Okezone)

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter