| Mobile| RSS

Polusi Udara Akibatkan Hipertensi

Kamis, 17 September 2009 | posted in | 1 comments

MICHIGAN - Menghirup udara berpolusi selama lebih dari dua jam bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi atau yang akrab disebut dengan hipertensi. Selain itu, hal ini juga memicu peningkatan risiko penyakit jantung.

"Meski tidak berpengaruh banyak bagi orang yang sehat, tetapi peningkatan ini bisa memicu serangan jantung dan stroke pada mereka yang mengalami gangguan jantung," kata Dr Robert D Brook dari University of Michigan, seperti dikutip dari WRCB TV, Rabu (16/9/2009).

Hasil studi yang melibatkan 83 partisipan ini menyebutkan, satu dari tiga orang Amerika menderita tekanan darah tinggi. Para peneliti menganalisa keadaan partisipan ketika mereka menghirup udara tercemar buatan yang diciptakan sama dengan udara berpolusi di jalan raya kota.

"Kami mengamati kondisi pembuluh darah dan respon mereka sebelum serta sesudah menghirup udara yang tercemar," kata co-author yang mendampingi penelitian Brook, Robert Bard.

Dalam studi ini ditemukan bahwa menghirup udara yang berpolusi menyebabkan peningkatan kadar tekanan diastolik atau angka bawah pada indikator tekanan darah meningkat dalam waktu dua jam. Selain itu, kerja pembuluh darah juga terganggu dalam kurun waktu yang sama.

Hasil tes menunjukkan, partikel-partikel mikroskopik di udara lah yang menyebabkan peningkatan tekanan darah dan gangguan fungsi pembuluh darah.

"Jika tingkat pencemaran udara semakin tinggi, mereka yang berpenyakit jantung, diabetes atau paru-paru sebaiknya menghindari aktivitas di luar ruangan," kata Bard memberikan saran.(Okezone)

1 komentar
gravatar
hipertensi
on 21 Maret 2011 pukul 14.41  

memang hipertensi bisa disebabkan oleh lingkungan ya, apalagi semakin banyak orang stress. mari kita hidup lebih sehat dan alami, sehingga terhindar dari hipertensi dan penyakit sejenisnya

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter