| Mobile| RSS

Jangan Kirim SMS Berlebihan Saat Lebaran

Selasa, 15 September 2009 | posted in | 0 comments

Aktivitas yang kerap dilakukan saat Lebaran adalah mengirimkan SMS kepada sanak saudara ataupun kerabat dekat. Hal tersebut tentu memicu terjadinya kelebihan (overload) penggunaan jaringan.

Agar overload tidak terjadi saat Lebaran, Depkominfo dan BRTI mengimbau masyarakat agar menggunakan layanan telekomunikasi secara efisien. Apabila jaringan yang digunakan sedang penuh, baik itu di sisi pengguna maupun di sisi lawan, tunggu beberapa saat sebelum mencoba menghubungi lagi, guna menghindari jaringan menjadi overload.

"Selain itu, mengirimkan SMS ucapan selamat hari raya hendaknya tidak dilakukan secara broadcast (satu SMS ke banyak nomor) yang sangat masif ke semua handai taulan, kerabat, maupun relasi. Sebaiknya SMS dilakukan secara bertahap," imbau Kepala Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S Dewabroto, yang okezone kutip melalui keterangan resminya, Senin (14/9/2009).

"Jika SMS dilakukan secara broadcast, maka jaringan akan semakin sesak. Dapat dibayangkan bagaimana panjangnya antrean di SMS Gateway, mengingat saat ini nomer telepon seluler dan FWA (Fixed Wireless Access) telah mencatat angka di atas 174 juta yang beredar di masyarakat di Indonesia," sambungnya.

Dari sisi penyelengara telekomunikasi, telah diinstruksikan untuk memperbaiki dan mempertahankan kualitas pelayanan menjelang dan saat hari raya Idul Fitri 1430 H. Pengalaman kualitas layanan telekomunikasi pada Idul Fitri 1429 H tahun lalu yang cukup bagus dapat menjadi pengalaman yang cukup berharga dan terus dipertahankan.

Selain itu, ditambahkan Gatot, operator telah diinstruksikan untuk menyiapkan tim atau call center yang siap sedia (stand by) 24 jam guna mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat menyebabkan penurunan kualitas pelayanan.

"Kami tidak juga menyarankan penyelenggara telekomunikasi melakukan instalasi perangkat lunak atau keras baru, maupun up grading, karena berpotensi dapat mengubah konfigurasi sistem terutama pada saat H-3 hingga H+3," tandasnya.(Okezone)

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter