| Mobile| RSS

Malaysia Teliti Rumput Laut Sultra

Rabu, 09 September 2009 | posted in | 0 comments

Marditech, sebuah perusahaan Malaysia yang berencana menanamkan modalnya pada usaha budidaya rumput laut, menurunkan tim ahlinya untuk meneliti potensi komoditi kelautan itu di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). 
"Perairan Sultra strategis untuk budidaya rumput laut dan sudah pasti potensinya menjanjikan untuk pengembangan usaha industri rumput laut," kata Anas Ahmad Nasaruddin, Chief Executive Officer (CEO) Marditech di Kendari, Selasa. 
Kedatangan tim ahli gabungan Malaysia di Kota Bau-bau untuk mengambil sampel rumput laut sebagai bahan penelitian itu adalah lawatan lanjutan pengusaha Datuk Azis Chemoor. 
Investasi rumput laut di Sultra yang mengedepankan kemitraan diharapkan saling menguntungkan antara pihak investor, pemerintah dan nelayan. 
"Kami (investor) mengharapkan kepastian produksi sedangkan petani menantikan jaminan pasar dengan harga yang memadai. Investasi yang menganut prinsip-prinsip kemitraan diyakini akan meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Anas. 
Perusahaan pimpinan Datuk Azis Chemoor yang juga perpanjangan tangan PM Malaysia itu optimistis iklim investasi rumput laut di Sultra menjanjikan sehingga pemerintah harus menggenjot pembangunan infrastruktur yakni kelistrikan, pelabuhan, bandara, air bersih dan sarana komunikasi yang memadai. 
"Kami berterima kasih kepada Wali Kota Kota Bau-Bau dan Gubernur Sultra yang serius menyambut rencana investasi rumput laut," katanya. 
Direktur Pusat Penyelidikan Teknologi Makanan Institut Penyelidikan dan Kemajuan Pertanian Malaysia (MARDI) Hj Normah Omar mengatakan, rumput laut tidak hanya untuk kebutuhan makanan tetapi juga bahan baku industri kosmetik dan obat-obatan. 
"Potensi rumput laut Indonesia menyakinkan tetapi hal penting yang harus menjadi perhatian adalah peningkatan kualitas sehingga dapat bersaing di pasar dunia," kata Normah. 
Direktur Pusat Promosi dan Pembangunan Teknologi Malaysia (MARDI) Husen Abdul Rahman mengatakan, rumput laut akan membawa kesejahteraan bagi rakyat kalau dikelola secara maksimal. 
"Rumput laut Sultra akan diminati konsumen seluruh dunia jika kualitasnya lebih baik. Oleh karena itu, penelitian dalam rangka menentukan kualitas rumput laut segara dilakukan," kata Husen. 
Selain tertarik potensi rumput laut, pengusaha asal negeri jiran tersebut juga berniat untuk menanamkan modal pada sektor peternakan, perikanan, pariwisata dan pertambangan.(Kapanlagi)

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter