| Mobile| RSS

Hari Al Quds

Sabtu, 19 September 2009 | posted in , | 0 comments

Jutaan warga di berbagai kota di Iran turun jalan untuk memperingati Quds Day, suatu bentuk solidaritas untuk warga Palestina, Jumat 18 September 2009.

Quds Day dicetuskan pertama kali oleh almarhum pendiri Republik Islam Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini. Pada Agustus 1979, Khomeini, mendeklarasikan Jumat terakhir di bulan suci Ramadan sebagai Hari al-Quds. Di Hari al-Quds, Khomeini menyerukan dukungan internasional bagi warga Palestina dan untuk menentang Israel.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi Iran, Press TV, penduduk Iran di berbagai wilayah Iran, antara lain di Teheran, Isfahan, Shiraz dan Mashhad, ikut dalam reli hari ini. Mereka mengungkapkan keberatan mereka atas okupasi rezim Zionis di Palestina.

Sejumlah pejabat pemerintah Iran ikut serta dalam demonstrasi di Teheran. Sekretaris Jenderal Gerakan Jihad Muslim, Ramezan Abdullah, dan pemimpin kelompok Hamas, Khaled Mashaal, juga turut dalam aksi.

Di akhir aksi, sebuah pernyataan dukungan bagi warga Palestina dibacakan. Pernyataan itu antara lain berbunyi, "Warga Iran mendukung perlawanan penduduk Palestina, dan Israel sebaiknya tidak melancarkan serangan lagi ke Iran." Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, seluruh dunia punya tugas dan tanggung jawab untuk melawan Israel demi perdamaian dunia.(Vivanews)



0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter