| Mobile| RSS

Coca-Cola Selundupan Jadi Favorit Warga Gaza Saat Ramadan

Sabtu, 12 September 2009 | posted in | 0 comments


Ingin tahu barang favorit yang paling banyak diselundupkan ke Jalur Gaza dari Mesir selama Ramadan? Ternyata itu adalah Coca-Cola.

Jalur Gaza sudah tiga tahun ini diblokade dengan ketat oleh Israel. Negara Zionis itu hanya memberi izin barang-barang kebutuhan pokok dan obat-obatan yang bisa masuk wilayah Jalur Gaza.

Tapi warga Gaza, seperti wilayah muslim manapun di seluruh dunia, memiliki tradisi makan yang cukup spesial di Bulan Puasa. Makanan ini tidak akan dicukupkan hanya dengan bahan makanan pokok yang bisa melewati perbatasan Israel.

Salah satu favorit warga Gaza selama Ramadan adalah Coca-Cola. Mungkin ini mirip dengan kebiasaan keluarga Indonesia mengkonsumsi sirup selama Ramadan dan kemudian Idul Fitri.

Untuk menikmati Coca-Cola ini para warga Gaza terpaksa mengandalkan para penyelundup yang membuat terowongan di bawah perbatasan Mesir-Gaza.

Jihad, salah satu bos penyelundup, mengatakan jumlah minuman soda (terutama Coca-Cola) yang ia masukkan berlipat dua selama Ramadan. Saat ini ia setiap hari memasukkan 100 ribu kaleng Coca-Cola. Jumlah ini kira-kira dua kali lipat jumlah yang ia masukkan di hari-hari biasa.

Setiap hari Jihad memimpin 32 orang bekerja dari sejak matahari tenggelam sampai tengah malam dengan libur hanya sekali sepekan.

Selain Coca-Cola, makanan keperluan Bulan Puasa lain yang juga banyak diminati warga Gaza--dan harus diselundupkan untuk masuk--adalah cokelat atau permen.

Para penyelundup juga memasukan sepatu, pakaian, dan mainan karena, sesuai tradisi, warga akan berpakaian baru saat Lebaran. Tanpa ada penyelundup, Ramadan dan Lebaran dalam blokade Israel bakal jauh lebih muram.(Tempo)

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter