| Mobile| RSS

Efek Buruk Shisha Sama dengan Merokok

Sabtu, 29 Agustus 2009 | posted in , | 0 comments

LONDON - Selama ini banyak orang beranggapan menghisap shisha aman dan tidak merusak kesehatan. Namun jangan salah, shisha rupanya memiliki efek yang sama buruknya dengan merokok.

Shisha adalah peralatan untuk membakar tembakau beraroma buah-buahan. Asapnya kemudian disalurkan melalui sebuah wadah air dan dihisap dengan menggunakan selang khusus.

O
rganisasi pemerhati kesehatan dan tembakau global, Departement of Health and the Tobacco Control Collaborating Centre (TCCC) mengungkapkan, orang yang merokok shisha atau tembakau herbal akan mengalami gangguan kesehatan. Dengan menghisap shisha, mereka menimbun karbon monoksida kadar tinggi dalam tubuh mereka.

"Setiap satu sesi mengisap shisha 10 miligram selama 30 menit akan menghasilkan karbon monoksida atau CO paling rendah empat atau lima kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan mengisap sebatang rokok," kata Direktur TCCC, Dr Hilary Wareing, seperti dikutip dari BBC, Jumat (28/8/2009).

K
arbonmonoksida kadar tinggi yang terserap oleh tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada otak serta hilangnya kesadaran.

Pengukuran kadar karbon monoksida yang dihasilkan dari hembusan napas menunjukkan tingkat kadar normal untuk orang yang tidak merokok adalah tiga bagian CO per ppm udara. Ini sama artinya bahwa tiga persen darah dalam tubuh tidak bekerja dengan baik. Untuk perokok ringan, terdapat sekira 10 hingga 20 persen darah yang tidak bekerja baik. Terakhir, pada perokok berat sekira 30 hingga 40 persen darah dalam tubuh mereka tidak bekerja dengan baik.

L
alu bagaimana dengan perokok sisha? Hasil penelitian menemukan, rata-rata dari mereka memiliki kadar CO 40 hingga 70 ppm dalam hembusan nafas mereka. Hal ini mempengaruhi sekira delapan hingga 12 persen sistem kerja darah dalam tubuh.

0 Responses So far

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Berita Terbaru

Komentar Terakhir

Popular Post

Masa

Blog Archive

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Twitter